SERING DIBACA

keutamaan para sahabat

ihwah dan ahwat semua karena akhir ini banyak orang yang menulis mengenai sahabat rosulullah sollallahu'alaihi wasallam yang tidak bertanggung jawab maka ana tegerak untuk membela para sahabat nabi rodiallahuanhu

Banyak dalil Al Qur’an maupun hadits yang menjelaskan posisi para Shahabat dalam Islam yang begitu tinggi dan kewajiban kaum Muslimin untuk mengikuti mereka. Beberapa ayat menjelaskan masalah tersebut, di antaranya:

“Orang-orang yang terdahulu lagi yang pertama-tama (masuk Islam) diantara orang-orang muhajirin dan anshar dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik, Allah ridha kepada mereka dan merekapun ridha kepada Allah dan Allah menyediakan bagi mereka surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya, mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Itulah kemenangan yang besar.” (QS. At Taubah (9) : 100)

“Sesungguhnya Allah telah ridha terhadap orang-orang mu’min ketika mereka berjanji setia kepadamu di bawah pohon , maka Allah mengetahui apa yang ada dalam hati mereka lalu menurunkan ketenangan atas mereka dan memberi balasan kepada mereka dengan kemenangan yang dekat (waktunya).” (QS. Al Fath (48) : 18)

pada surat Attaubah:100 menjelaskan bahwa Allah meridhai para sahabat dan apa yang mereka lakukan dan Allah ridho terhadap orang2 yang mengikuti manhaj mereka dengan baik hingga hari kiamat, dan akan memasukkan mereka kedalam surgaNya

QS. Al Fath (48) : 18 ayat ini turun ketika terjadi baiatul ridwan dan para sahabat berjanji setia kepada rosulullah sollalahu'alaihi wasallam jumlah mereka kurang lebih 1400 orang.(sirohnabawiyah ibnu hisyam)

Allah swt akan menyesatkan siapa saja yang menyelisihi pemahaman para sahabat ra

"Dan barangsiapa yang menentang Rasul sesudah jelas kebenaran baginya, dan mengikuti jalan yang bukan jalan orang-orang mu`min, Kami biarkan ia leluasa terhadap kesesatan yang telah dikuasainya itu dan Kami masukkan ia ke dalam Jahannam, dan Jahannam itu seburuk-buruk tempat kembali."(annisa:115)

Dalam hadits Nabi SAW., terdapat banyak kemuliaan dan perintah untuk selalu berpedoman kepada para Shahabat, di antaranya :

“Sebaik-baik ummatku adalah generasiku (Shahabat), kemudian generasi sesudahnya (tabi’in), dan kemudian yang sesudahnya (tabi’ut tabi’in).” (HR. Bukhari dan Muslim)

“Muliakanlah para Shahabatku, karena mereka adalah yang terbaik di antara kalian.” (HR. Ahmad, An Nasa’iy dan Al Hakim)

“Kalian akan senantiasa dalam kebaikan selama di antara kalian masih ada orang yang pernah melihatku dan bersahabat denganku. Demi Allah, kalian akan senantiasa dalam kebaikan selama diantara kalian ada orang yang pernah melihatku dan bersahabat denganku.” (HR. Ibnu Abi Syaybah, Ibnu Abi’ ‘Ashim, Ath Thabraniy, dan Abu Nu’aym)

“Bintang-bintang adalah penjaga langit, apabila bintang-bintang itu hilang, maka akan datang bagi penduduk langit tersebut apa yang dijanjikan. Aku adalah penjaga para Shahabatku, apabila aku meninggal maka akan datang bagi para Shahabatku apa yang dijanjikan. Dan para Shahabatku adalah para penjaga ummatku, apabila para Shahabatku meninggal, maka akan datang bagi ummatku apa yang dijanjikan.” (HR. Muslim)

oleh sebab itu hendaknya barang siapa yang ingin diridhai Allah dan dimasukkan kedalam surganya harus mengikuti manhaj(pedoman hidup) para sahabat rosulullah sallallahu'alaihi wasallam.

semoga sholawat da salam senatiasa tercurah kepada nabi Muhammad shollallahu'alaihi wasallam dan para sahabatnya.
dan hanya kepada Allah saja kita memohon pertolongan

NB:yang mau tag share silahkan semoga bermanfaat"

0 komentar: